Berbincang tentang Silabus tentu tidaklah asing bagi kita semua terutama bagi warga pendidikan yang dalam hal ini tenaga pendidik/guru. Setiap guru yang memegang mata pelajaran tertentu diharuskan memiliki pedoman/acuan dalam menyampaikan tema mata pelajaran yang dipegangnya. Acuan tersebut yang dinamakan Silabus. Silabus menurut E. Mulyasa diartikan sebagai kerangka inti dari setiap kurikulum yang menjadi rencana dan aturan tentang implementasi kurikulum, kegiatan pembelajaran, pengelolaan kurikulum berbasis sekolah, kurikulum dan hasil belajar serta penilaian berbasis sekolah.
Agar silabus itu dapat mencapai sasaran yang telah ditetapkan pada suatu kurikulum, maka silabus itu harus memuat tiga komponen yang harus diperhatikan:
1. Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran
2. Kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan atau membentuk kompetensi tersebut
3. Upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik.
Dengan tiga komponen tersebut diharapkan silabus dapat mencapai sasaran sesuai dengan ketetapan kurikulum.
Referensi by: E. Mulyasa. "Implementasi KTSP -Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah". (Jakarta: Bumi Aksara. Maret 2009). hlm. 133
Tidak ada komentar:
Posting Komentar